Web Design Grafis

Web Design Grafis


Menurut saya desain grafis adalah suatu ilmu atau tekhnik yang digunakan untuk merancang , membuat dan mengolah suatu gambar , tulisan , ataupun karya seni lainnya agar karya seni tersebut memiliki nilai tambah seni yang baik. Untuk dapat menciptakan suatu karya seni dengan menggunakan desain grafis yang baik , pada dasarnya ada enam prinsip yang penting untuk diketahui untuk membuat web design yaitu :

1.Metaphore
yaitu suatu penerapan prinsip – prinsip lama untuk digunakan pada suatu prinsip yang baru.
2.Clarity
yaitu suatu prinsip yang memberikan penjelasan – penjelasan mengenai suatu web.
3. Consistency
yaitu suatu prinsip yang berisikan mengenai konsistensi/ ketetapan dari isi suatu web yang akan kita buat.
4.Aligment
Yaitu Suatu prinsip yang berhubungan dengan kerapihan suatu tulisan. Umumnya dari kiri ke kanan dan dari atas kebawah. Usahakan dapat membuat mata pembaca seolah dituntun menelusuri alur tersebut.
5.Proximately
Yaitu suatu prinsip yang berhubungan dengan kelengkapan dari suatu field.
6.Contrast
Yaitu prinsip yang menjelaskan mengenai keamanan dan kenyamanan mata pembaca dalam melihat situs . baik dengan cara membesarkan ukuran, memberi warna, maupun menempatkannya pada posisi yang paling mudah dibaca.

Sumber dan inspirasi tulisan :
http://www.kapanpun.com/2008/07/yang-terpenting-dari-desain-grafis.html

Berikut ini adalah beberapa situs yang saya jadikan sampel penilaian saya berdasarkan salah satu prinsip dasar web desain.

1. Situs Worldwidestore.com
Dilihat dari prinsip pertama ( Metaphore ) , isi situs ini menurut saya sudah sangat memenuhi prinsip metaphore . Situs ini berisikan mengenai penjualan benda – benda peninggalan dimasa lampau yang disajikan berdasarkan lokasi – lokasi tempat ditemukannya benda – benda peninggalan tersebut , kemudian informasi tentang peninggalan benda tersebut dikemas dalam suatu web desain masa kini. Sehingga membuat pembaca lebih mudah mendapatkan informasi.

2. Situs schwab.com
Dilihat dari prinsip kedua ( Clarity ) , isi situs ini memberikan kejelasan secara lengkap mengenai bisnis penanaman modal (investasi) global dengan melalu media website. Dimulai dengan bagaimana cara kita berinvestasi , kemudia produk apa yang akan kita investasikan , dan dengan siapa kita melakukan investasi itu .

3. Situs Santafean.com
Dilihat dari prinsip ketiga ( Consistency) , isi dari situs ini menurut saya memenuhi dari prinsip consistency ( Ketetapan) , karena dalam situs ini walaupun memiliki bermacam - macam katagori , namun masih memiliki keterpaduan dalam bidang seni ( ART ) , atau dengan kata lain isi dari situs ini memiliki ketetapan dalam hal seni.
4. Situs Delta
Dilihat dari prinsip keenam ( contrast ) , situs ini telah dilengkapi dengan penempatan fitur - fitur yang strategis , sehingga fitur – fitur tersebut dapat dengan mudah membantu pengunjung situs dalam mencari menu – menu yang akan mereka pilih.

0 Response to "Web Design Grafis"

Posting Komentar

Powered by Blogger