Audio

Audio berarti suara yang terdengar oleh telinga manusia, frekuensi-nya antara 20 Hz sampai dengan 20 KHz. Suara menjadi bagian penting dari multimedia terutama untuk percakapan dan musik. Secara fisis suara adalah tekanan yang bervariasi berbentuk gelombang dan merambat pada medium elastik seperti udara. Karakteristik suara ditentukan oleh amplitudo (dalam satuan decibel/dB), frekuensi getaran (dalam satuan hertz / Hz), dan durasi-nya (dalam satuan detik).

Audio digital diperoleh melalui konversi suara asli (analog) ke digital yang dilakukan oleh peralatan ADC (analog to digital converter) kemudian direkam ke disk. Ketika suara digital ini akan dimainkan maka suara digtal ini harus dikembalikan ke bentuk suara analog lagi melalui peralatan DAC (digital to analog converter) sehingga bisa terdengar lewat loudspeaker.
Format suara digital sangat beragam dan memerlukan software untuk bisa memainkannya. Beberapa format yang sering dijumpai adalah: .aiff (audio interface file format) dari Apple computer, .au (audio) dari Sun Microsystem (UNIX), .wav (Windows audio video) dari Microsoft, .mp3 format kompressi MPEG, .wma format kompressi dari Microsoft.





Proses konversi ADC melalui teknik yang biasa disebut sebagai PCM (pulse code modulation) dimana suara di-sampling beberapa kali dalam satu detik, selama durasi suara, kemudian hasil sampling didigital-kan melalui pengkodean biner dari level suara. Agar diperoleh suara digital yang bagus maka suara analog harus di-sampling sekitar 2 kali lipat frekuensi-nya. Karena frekuensi tertinggi suara sekitar 20 kHz, maka sampling yang terbaik haruslah minimal 44.100 sample/detik (kualitas CD). Standard suara digital dari rekaman DVD dewasa ini adalah sampling 192.000 kali/detik.
Kualitas dari suara bergantung pada sampling yang dilakukan, berikut ini adalah standard yang dewasa ini dilakukan dalam perekaman suara digital.
  • Kualitas DVD, sample 192 kHz, kapasitas sekitar 36 MB/menit
  • Kualitas CD, sample 44.1 kHz, level suara16 bit per-channel, kapasitas suara adalah sekitar 5.2 MB / menit, contoh file .wav pada PC, dan file .aiff pada Macintosh.
  • Kualitas menengah, sample 22 kHz, level suara 8 bit, kapasitas suara adalah sekitar 1.32 MB / menit
  • Kualitas rendah, sample 11 kHz, level suara 8 bit, kapasitas suara adalah sekitar 660 KB / menit.
  • Kualitas sangat rendah (kualitas telepon), sample 8 kHz, level suara 8 bit.
Kenyataan yang dihadapi adalah semakin bagus kualitas suara maka semakin besar kapasitas penyimpanan yang diperlukan, untuk keperluan internet dan penghematan space hardisk maka file suara digital biasa-nya di-kompress. File kompressi suara yang populer dewasa ini adalah kompressi mpeg atau MP3, yang bisa mengurangi kapasitas suara hingga 1/12 aslinya.
Berbagai perangkat lunak audio telah tersedia dapat diperoleh dari internet dan sumber lainnya, misalnya Cdex adalah aplikasi untuk melakukan konversi lagu analog menjadi digital, bahkan kompressi ke MP3, real audio adalah aplikasi untuk men-download sambil memainkan (audio streaming) file-file audio dari situs di internet.
Source :
http://teknik-informatika.com/teknologi-audio/

0 Response to "Audio"

Posting Komentar

Powered by Blogger